Senin, 24 Oktober 2011

Sebelumnya, apakah kalian tahu, apa sih Flash itu?
animasi flash adalah gambar bergerak yang dibuat dengan menggunakan alat untuk membuat web site yang interaktif dan web site yang dianimasikan.

well, memang bukan cuma untuk membuat Website aja sih, Tapi, kalian juga bisa membuat suatu aplikasi menggunakan sofware ini.
Flash adalah software yang digunakan oleh para desainer dan pengembang untuk membuat presentasi, aplikasi, dan konten lain yang memiliki interaksi dengan pengguna. Proyek flash meliputi animasi sederhana, konten video, presentasi yang kompleks, dan kombinasi semua itu. Pada umumnya, potongan dari kontent yang dibuat dengan flash disebut apilkasi, meskipun berbentuk animasi sederhana. Anda dapat membuat aplikasi media-rich Flash dengan memasukkan unsur gambar, suara, video, dan efek-efek khusus
Adobe Flash yang sebelumnya dikenal dengan Macromedia Flash digunakan untuk membuat animasi yang dapat kita tampilkan ke dalam web. Biasanya, Flash itu sendiri biasanya digunakan untuk periklanan ataupun untuk membuat game animasi.
Adobe Flash yang digunakan dalam tutorial ini adalah Adobe Flash CS3.  Sebelum kita masuk lebih dalam, kita harus terlebih dahulu mengenal apa sih Adobe Flash itu??
Untuk mengenal komponen-komponen dari Adobe Flash, Coba kita Buka Adobe Flash CS3 nya.
Start>>All Programs>> Adobe Flash CS3 Professional
Kemudian, akan tampil layar seperti contoh dibawah ini. Lalu buat Dokumen baru, dengan mengklik   Flash File  (Action Script 3)
Oke… setelah kita membuat dokumen baru, maka tampilannya akan seperti di bawah ini.
 


Layer, digunakan untuk mengatur susunan gambar pada di dalam stage.
Frame, merupakan bagian dari layer yang digunakan untuk mengatur jalannya animasi.
Bagian Layer dan Frame ini disebut dengan TimeLine
Layar/Stage, disinilah lembar kerja tempat kita mendesain.
Panel Tools, berbagai macam Tools perintah atau alat yang digunakan untuk memformat objek. Tools ini sangat diperlukan untuk kita dalam membuat animasi.
  • Selection : Untuk menyeleksi objek
  • Subselection : Untuk menyeleksi dan mengedit objek
  • Free Transform:  Mengatur ukuran dan arah objek dengan bebas
  • Lasso : Memilih daerah objek yang akan diedit
  • Pen : Untuk menggambar dan  membentuk sesuatu
  • Text : Untuk memberikan teks pada layar
  • Line : Untuk menggambarkan garis Lurus
  • Rectangle : menggambarkan bentuk Kotak
  • Pencil : Untuk menggambar dengan coretan pensil
  • Brush : Menggambar dengan polesan kuas
  • Ink Bottle : mewarnai garis objek
  • Paint Bucket : Mewarnai bidang objek
  • Eyedropper : mengambil warna dari objek yang telah ada
  • Eraser : untuk menghapus objek
  • Hand : Untuk memindahkan objek
  • Zoom : Untuk memperbesar/memperkecil ukuran objek
  • Stroke Color : memilih warna garis objek
  • Fill Color : memilih warna bidang bagian dalam objek
  • Swap Color : menukar warna background dan Foreground
Nah, yang diatas merupakan sebagian dari tools yang ada di dalam Adobe Flash CS3.
Setelah s membahas Perkenalan dari Adobe Flash , Kita akan lanjut dengan membuat contoh animasi Flash Banner yang paling sederhana.  Kita akan Membuat Contoh Banner Yang seperti di bawah Ini .
1. Buat dokumen baru, klik kanan pada layar/stage kemudian pilih Document Properties atau cukup menekan ctrl+j
Tentukan besar dimensinya kita gunakan  standar dimensi Banner yaitu 468 x 60 Pixel. Pilih warna Background Color sesukamu. Klik Ok.
2. Tampilan Stage nya akan menjadi lebih kecil dari besar stage yang dibuka pertama kali.  Ganti lah nama layer1 menjadi ‘Lingkaran’. <double klik 2 kali nama layer1>
3. Pada bagian Panel Tools, ubahlah Rectangle tools menjadi Oval tools dengan mengklik tanda panah dibawah iconnya. kemudian, gambarkan bentuk Lingkaran di ujung Stage bagian kanan. Klik kanan pada lingkaran tersebut, pilih Convert Symbol. Berikan namanya dengan lingkaran dan Type nya adalah graphic.
4.  Di frame Lingkaran ke 5, insert keyframe dengan klik kanan pada frame ke 5 dan pilih Insert Keyframe.
5. Klik Frame 1 Layer lingkaran, sampai ada tanda hitam di bagian yang di klik. Lalu, klik lingkaran pada stage, kemudian pada panel properties bagian bawah, pilihlah Color = Alpha dengan persentase 0%.  Setelah itu, Lingkaran dalam stage akan menghilang.
Inilah contoh animasi yang kita buat hingga tahap ini. Klik menu Control>>Play jika kamu ingin mencoba animasi yang telah kamu buat. Lihatlah, Gerakan lingkarannya masih terasa kaku.
6. Diantara Frame Layer Lingkaran ke 1 dan ke lima, Klik kanan dan pilih create motion tween. hal ini untuk memperhalus animasi kedap-kedip lingkaran.
7. Ok, selanjutnya buat Layer Baru dengan mengklik ikon kecil di bawah window layer  berikan nama layer ‘text’.  Letakkan layer text dibawah layer lingkaran.
Selanjutnya, insert keyframe di frame ke 7 layer text. Lalu, buatlah tulisan ‘_KaminariBoshi..‘ <Isi Text terserah kamu> dengan text Tool.  Geser text ke pojok kanan sampai ditutupi oleh lingkaran.  ubah text menjadi graphic dengan mengklik kanan text lalu, pilih Convert to Symbol, berikan nama ‘tulisan’ dengan type Graphic, Klik Ok.
8. Insert Frame pada frame lingkaran ke 16. Dan, Insert Keyframe pada frame text ke 16. Lalu, pada frame ke 16, geser text menjauh dari lingkaran.  Create Motion Tween diantara frame text 5-16.
Test Movie  Dan… Voiila!!! Selamat… Anda Telah membuat Flash Banner Pertama Anda.
Latihlah terus kemampuan Imajinasimu untuk dapat menguasai pembuatan Animasi dalam Flash dan melatih rasa senimu dalam membuat ini… ^^

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates